RSS

Gaya Pemberitaan Detik.com, Tempo.co, dan Tribunnews.com

Di era yang serba digital saat ini, media cetak bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh berita. Sekarang sudah ada bahkan banyak situs informasi digital yang menyediakan kita alternatif lain untuk memperoleh berita dimanapun dan kapanpun, beberapa contohnya adalah tempo.co, detik.com, tribunnews.com, dan lain sebagainya. Semua situs tersebut menyajikan berita-berita nusantara maupun mancanegara dengan gaya pemberitaan mereka masing-masing. Di sini saya akan mencoba mengulas gaya pemberitaan detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com :) 

Detik.com-Detik.com merupakan salah satu situs informasi digital yang paling populer di kalangan pengguna internet. Terbukti dari banyaknya followers situs berita satu ini di twitter (@detikcom). Dari gaya pemberitaannya, detik.com sepertinya lebih merakyat karena pemilihan bahasa yang ringan dan mudah dicerna oleh masyarakat biasa, serta isi berita yang singkat, sering terdiri atas 4-5 paragraf saja, dan to the point. Sesuai dengan namanya, detik.com, publikasi beritanya cukup cepat dan up date dalam hitungan detik.


Jurnalisme harus menyediakan forum bagi kritik maupun komentar dari publik. Salah satu dari Sembilan Elemen Jurnalisme menurut Bill Kovach dan Tom Resentiel ini juga sudah diterapkan dalam situs mereka.Terdapat kolom komentar pada bagian bawah akhir pemberitaan yang memungkinkan siapa saja dapat berkomentar bebas tanpa harus log in terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memberi komentar semau mereka tanpa melalui proses penyaringan dari pihak detik.com.


Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran yang merupakan salah satu dari Sembilan Elemen Jurnalisme juga terlihat pada salah satu berita yang berjudul Tolak Beri Keterangan, Akil Tetap Divonis Majelis Elitik Pekan Depan.


Tempo.co-Tempo.co yang dulunya bernama Tempointeraktif merupakan pionir berita internet di Indonesia. Dari gaya pemberitaannya, tempo.co cenderung menggunakan kata-kata yang lebih berat dan berkelas serta isi beritanya cukup panjang. Tempo.co juga menyediakan kolom komentar pada bagian bawah akhir pemberitaan, bedanya pada tempo.co kita harus log in terlebih dahulu jika hendak memberikan komentar dan itupun harus disaring terlebih dahulu oleh pihak tempo.co. Pemberitaan pada situs tempo.co terkadang menggunakan hyperlink. Jika di dalam suatu berita terdapat berita yang terkait maka akan dihubungkan dengan hyperlink.



Jika dibandingkan dengan detik.com, tempo.co cenderung lebih lama dalam hal publikasi beritanya. Hal ini mungkin dikarenakan disiplin verifikasi tempo.co lebih mendalam, berbeda dengan detik.com yang lebih mengutamakan kecepatan dan keaktualitasan berita.

Salah satu dari Sembilan Elemen Jurnalisme, jurnalis harus melayani sebagai pemantau independen terhadap kekuasaan, juga terlihat dari salah satu berita di situs tempo.co yang berjudul Tren Korupsi Banten, Temuan BPK: Main Proyek Nyawa”. Di sini terlihat bahwa fungsi pers memang sebagai pengawas para pemegang kekuasaan.

Tribunnews.com-Tribunnews.com merupakan situs berita online yang merupakan suatu divisi koran Kompas yang dikemas dalam bentuk digital. Dari gaya pemberitaannya, tribunnews.com cenderung sama dengan tempo.co yaitu isi beritanya cukup panjang dan terkadang menggunakan hyperlink dalam pemberitaannya, bedanya pada tribunnews.com hyperlink yang digunakan dalam bentuk tag kata, bukan sebuah judul berita.









Jurnalis harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proporsional. Salah satu dari Sembilan Elemen Jurnalisme ini juga kita temukan dalam tribunnews.com. Sebagai contohnya adalah salah satu berita yang berjudul "Front Pembela Islam Kecam Pernyataan Nurul Arifin". Di sini, tribunnews.com mengemas berita mereka secara proporsional dengan tidak memihak kepada salah satu pihak.

Jadi, menurut saya detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com sudah memenuhi Sembilan Elemen Jurnalisme oleh Bill Kovach dan Tom Rosentiel.


Dari penjelasan saya di atas, menurut saya gaya pemberitaan yang cocok untuk mediacenterstan.com adalah tempo.co yang lebih menekankan kepada disiplin verifikasi dan gaya tampilan webnya seperti tribunnews.com yang lebih simpel dan rapi.

Tugas 2 Magang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lucky Club - Lucky Club
We want to provide you with a wonderful experience of gambling on the go! At Lucky Club we've managed to become luckyclub.live an amazing community of players and staff that 🎁 Welcome Bonus: 100% Up To C$500🎁 Fast Payout Speed: 24/7💳 Minimum Deposit: C$10💳 Sportsbook: FOX Bet💸 Minimum Deposit: C$10

Posting Komentar