RSS

Istilah-Istilah dalam Jurnalistik

Sebagai seorang jurnalis pemula, tentu ada beberapa istilah dasar yang harus kita ketahui terlebih dahulu agar nantinya  ketika terjun lebih dalam ke dunia jurnalistik, kita telah mengetahui makna istilah-istilah tersebut.

Jurnalistik. Seorang jurnalis pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan mencari, menulis, dan mengolah suatu informasi yang aktual untuk diberitakan kepada khalayak melalui media massa atau merupakan hal-hal yang berhubungan dengan kewartawanan dan kepenulisan, sedangkan paham atau ajaran tentang jurnalistik disebut dengan jurnalisme.

Jurnalistik tentu tidak lepas dari berita. Berita harus bersifat aktual. Aktual artinya sesuatu yang baru-baru saja dan benar terjadi dan sedang menjadi pembicaraan orang banyak. Untuk menulis suatu berita yang baik dikenal suatu istilah piramida terbalik. Piramida terbalik adalah sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian tulisan yang bentuk imajinernya seperti piramida terbalik, dimana bagian terpenting yang memuat inti dari suatu berita tersebut berada paling atas sedangkan pendukung isi berita berada di tengah atau di bawah sesuai dengan kepentingannya. Sebisa mungkin, unsur 5W+1H (what, who,when, where, why, how) sudah didapatkan pada paragraf pertama suatu berita sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan inti berita tersebut ketika membaca paragraf pertama.

Dalam menulis berita dikenal juga suatu istilah cover both side yang artinya perlakuan adil terhadap semua pihak yang menjadi objek berita atau disebut juga dengan pemberitaan yang berimbang. Kita harus menampilkan semua fakta dan sudut pandang yang relevan dari masalah yang diberitakan. Kita harus bersifat netral serta tidak memihak. Hal ini berbeda dengan suatu istilah yang disebut dengan feature. Feature adalah tulisan hasil liputan mengenai suatu peristiwa yang bersifat menggugah simpati dan empati pembaca yang di dalam tulisannya tersirat opini penulis. Opini adalah pendapat atau pandangan terhadap suatu informasi yang bersifat subjektif. Sedikit berbeda dengan feature, ada suatu istilah yang disebut dengan essay. Essay adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah dari sudut pandang penulisnya. Jadi, di dalam penulisan feature dan essay terdapat opini penulis dan bentuk penyajiannya pun tidak seperti piramida terbalik karena isinya merupakan pemikiran penulis sehingga bagian paling atas sama saja pentingnya dengan bagian tengah atau bawah.

Itu adalah beberapa istilah dasar yang harus kita ketahui dalam bidang jurnalistik. Semoga setelah mengetahui makna istilah-istilah tersebut dapat mempermudah kita dalam menekuni bidang jurnalistik.

Tugas 1 Magang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar