RSS

Pengalaman SNMPTN (1/3)

Selamat malam teman-teman semua :) Apa kabarnya nih? Gak terasa sekarang udah 2013 aja ya, aku udah kuliah, memasuki semester dua pula... Padahal rasanya baru kemaren MOS SMA dan baru tadi pagi Ospek di kuliah huehehe...

Gak terasa memang masa-masa galau menentukan jurusan udah berlalu dan diturunkan ke para adik kelas XII yang sekarang. Ya, sekarang giliran mereka :') Berhubung karena banyaknya tweet galau mereka soal memilih jurusan, malam ini aku mau sharing tentang pengalaman aku mengikuti SNMPTN baik dari jalur undangan maupun tulis.

Kalo dulu, tahun ajaran 2011-2012, jumlah siswa/i yang berhak ikut SNMPTN jalur undangan adalah 50% dari jumlah siswa/i kelas XII per jurusan di sekolah yang mempunyai nilai baik dan stabil mulai dari semester tiga. Jadi, misalnya di sekolah itu jurusan IPA-nya ada 80 siswa, maka yang berhak ikut adalah 40 siswa. Begitu juga dengan jurusan IPS-nya. Dan alhamdulillah aku adalah salah satu siswa yang beruntung itu :')

Hari untuk pendaftaran SNMPTN jalur undangan semakin dekat. Melihat pengalaman-pengalaman sebelumnya, sebaiknya dalam satu sekolah tidak ada dua siswa yang memilih pilihan yang sama di pilihan pertamanya... *ribet ye bahasanya* Jadi, kami dikumpulkan di suatu ruangan untuk ditanya jurusan dan universitas apa yang kami pilih di pilihan pertama. Untuk mereka yang memilih universitas-yang mensyaratkan-TPBI-sebagai -penilaiannya sebagai pilihan pertamanya diperbolehkan keluar karena TPBI bisa diikuti oleh lebih dari satu siswa karena itu semacam test untuk masuk universitas tersebut, berbeda dengan universitas lain yang persyaratannya hanya nilai dari semester tiga sampai lima. Untuk mereka yang pilihannya tidak bentrok dengan pilihan orang lain juga diperbolehkan keluar. Sementara untuk mereka yang pilihannya bentrok dengan pilihan orang lain disuruh menunggu di ruangan itu. Dan orang-orang itu termasuk aku -_-

Ya, pilihanku bentrok dengan teman yang lain :') Aku memilih Farmasi UI dan dia juga. Padahal aku udah galau berbulan-bulan untuk menentukan jurusan dan universitas itu *dia juga sih pasti haha -_-* Pilihanku sering sekali berubah-ubah dan entah kenapa pada akhirnya berlabuh di pilihan itu :|

Jadi, untuk mereka yang pilihannya bentrok satu sama lain disuruh musyawarah siapa yang mengalah. Ya, sebenarnya kalo gak ada yang mau ngalah sih gpp, tapi ya sesuai pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya peluangnya kecil sekali untuk lulus. Karena aku tetap 'kekeuh' di pilihan itu dan secara nilai aku lebih berhak *maaf ya duh bukannya gimana-gimana T_T* akhirnya dia mengalah dan memilih Kedokteran Unila sebagai pilihan pertamanya. Sebenarnya aku merasa sedikit egois sih tapi... UI itu Universitas Impian akuuuuuuu jadi aku gak bisa merelakannya begitu saja T_T #halah dan aku sengaja pilih universitas yang ratingnya tinggi soalnya aku pikir lebih baik pilih yang tinggi-tinggi biar kalo lulus sekalian woooow soalnya kata guru aku, undangan ini semacam undian dan kalo gak lulus masih ada SNMPTN tulis. Iya, dulu aku berpikir SNMPTN tulis itu bakalan gampang kalo nanti milihnya universitas yang biasa-biasa aja. Tapi ternyata......persaingannya juga cukup ketat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar