RSS

Pengalaman SNMPTN (3/3)

Dan.......lagi. Aku galau menentukan jurusan yang akan aku pilih untuk SNMPTN tulis nanti. Sebelum mendaftar, kami konsultasi dulu dengan pengajar bimbel kami yaitu Kak Zulfri Ilham a.k.a Kak Jijok alumni SMA kami angkatan I *info aja sih ^^* dan kayaknya aku adalah orang terlama yang konsultasi di antara semua murid bimbelnya -_- Kebiasaanku, aku itu susaaaaah banget untuk memutuskan satu hal dengan cepat. Menimbang sana-sininya itu kelamaan :(

Dulu aku pernah bilang kalo aku milih farmasi itu hanya untuk undangan. Kalo untuk tulis, gak mau ngambil farmasi. Aku maunya teknik informatika dan sejenisnya, tapi di sisi lain aku juga mau di bidang kesehatan, dengan syarat bukan dokter. Iya, aku gak mau yang berhubungan dengan darah dan gak bisa ngeliat orang luka dengan darah. Rasanya gak tega dan takut gitu :'( Aku juga gak mau di bidang pendidikan soalnya aku gak cocok ngajarin orang, ngajarin adek aja kadang emosi :'( -_- Makanya Kak Jijok bilang aku gak mau kedokteran karena kalo di SNMPTN itu jurusan kedokteran ditulis Pendidikan Kedokteran ha ha ha -_-

Dengan alasan-alasan di atas, tau gak pada akhirnya aku milih apa? FARMASI. Iya, farmasi. Aneh kan? Iya kan? hahahaha Aku kembali ke pilihan awal :') Ini aku kasih tau pilihanku waktu  SNMPTN jalur undangan dan jalur tulis.


Undangan:
1. a. Farmasi - Universitas Indonesia
    b. Ilmu Komputer - Universitas Indonesia

2. a. Teknik Informatika - Institut Teknologi Sepuluh november
    b. Sistem Informasi - Institut Teknologi Sepuluh november

*Iya, pilihan aku memang gila -_-*

Tulis:
1. Farmasi - Universitas Sumatera Utara
2. Ilmu Kesehatan Masyarakat - Universitas Sumatera Utara


Aneh banget gak sih waktu undangan kebanyakan milih jurusan ke bidang informatika, eh giliran tulis malah milih bidang kesehatan semuanya dan gak ada bidang informatika sama sekali -_- Aku memang membingungkan...Tapi itu semua ada alasannya. Aku memilih farmasi karena prospek kerjanya dan aku gak jadi memilih teknologi informasi (teknik informatika) karena passing grade nya di USU hampir sama dengan farmasi :'( Untuk kesehatan masyarakat passing gradenya di USU juga tinggi sebenarnya tapi karena tahun aku daya tampungnya cukup banyak, jadi aku pilih itu. Untuk pilihan universitasnya, aku menyesuaikan sama kemampuan aku. Kali ini aku gak mau memilih terlalu tinggi karena bakalan sakit banget rasanya kalo jatuh di lubang yang sama. Aku berpikir lebih baik ada 'pegangan' dulu daripada terlalu memaksakan keinginan. Toh, masih ada ujian mandiri masuk universitas tersebut....yang ternyata soalnya cetar membahana -_-

Aku dapat lokasi ujian tulis di SMP/SMU Bhayangkari Medan; Lantai II Ruang 16. Aku seruangan sama temanku, yang pada akhirnya dia lulus di FK USU *ternyata ruangan ini membawa keberuntungan :') *. Oh iya, karena kebetulan sepupu aku lokasi ujiannya di USU jadi kami keliling-keliling USU untuk mencari lokasinya dan ketika lewat gedung farmasi rasanya....Ya Allah, aku pengen masuk fakultas itu :') Aku langsung berdoa di dalam hati supaya nantinya bisa ke gedung ini lagi dalam arti diluluskan dalam SNMPTN jalur tulis :')

Oh iya, hari pertama SNMPTN tulis 2012 bertepatan dengan ulang tahun my beloved mom :* Jadi, aku berdoa dan bertekad untuk mengerjakan soalnya dengan sebaik-baiknya agar nanti lulusnya aku bisa jadi salah satu kado terindah yang aku persembahkan untuk beliau :')

Waktu pengumuman SNMPTN tulis, aku dan temanku, Yenni dan Fitri, lagi di Medan karena besoknya kami akan mengikuti SIMAK UI (Seleksi masuk UI). Iya, teman... Aku masih mengejar mimpiku untuk memakai jaket kuning itu :') *Sampe adekku bilang kalo suka jaket kuningnya aja, pake aja itu jaket Golkar. Duh -_-*

Pengumumannya sama seperti undangan kemaren, udah bisa dibuka pukul 18.00 WIB dan......hujan. Udah rada trauma sih hujan-hujan gitu apalagi aku pake baju biru juga sama kayak pengumuman undangan kemaren -_- Jadi, aku dan temanku memutuskan untuk gak membuka webnya sampe kami selesai sholat maghrib. Setelah sholat maghrib berjamaah, baca Q.S Al-Waqiah dan Q.S Ar-Rahman, rasanya gimanaaaa gitu sampe nangis :')

Setelah selesai, kami pun mencari koneksi internet yang bisa dipakai untuk membuka web yang berisikan pengumuman SNMPTN jalur tulis tersebut. Orang tuaku juga mencoba membuka webnya di rumah. Akhirnya sekitar pukul 20.00 WIB, webnya bisa diakses setelah beberapa lama gak bisa karena kebanyakan pengakses :') Mulai dari fitri. Masukkan nomor ujian dan.....dia lulus!! Setelah itu giliranku. Jantung berdegup makin gak karuan dan.....lulus!! Alhamdulillah Ya Allah lulusnya di pilihan pertama. Beneran gak nyangka :"""""""") Dan setelah itu giliran yeni dan....dia lulus!! Alhamdulillah kami bertiga lulus :') Aku langsung menelepon orang tuaku dan rasanya itu gak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rasanya bersyukuuuuuuuuuuuur banget bisa lulus dan bisa mengatasi rasa bersalah dulu :') dan sama seperti kemaren juga, banyak banget pesan yang masuk ke hp aku. Bedanya untuk saat ini, pesannya langsung aku balas karena senangnya hihihi :')

Ini nih hasil pengumumannya :')


Alhamdulillah, aku merasa beruntung banget termasuk 70 orang yang diterima di Fakultas Farmasi USU melalui jalur tulis :') Aku memang pengen masuk UI tapi aku merasa beruntuuuuuuuuung banget bisa lulus di FF USU ^^

Dari kisah yang sangaaaaat panjang aku ceritain tadi, aku mau kasih saran untuk adek-adek kelas XII yaitu :

1. Pilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuan. Banyak-banyak bertanya sama senior ataupun orang yang udah berkecimpung di jurusan tersebut. Obrak-abrik google juga boleh...

2. Kalo gak diterima melalu jalur SNMPTN undangan, jangan putus asa! Tetap semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!!! Masih ada SBMPTN (SNMPTN tulis untuk tahun 2012-2013), UMB, dan Ujian Mandiri yang lain!! Keep fighting! ^^9

3. Banyak-banyak berdoa. Ini penting banget. Jujur, waktu undangan kemaren ibadahku kurang tapi waktu tulis alhamdulillah :')

4. Jangan lupa juga untuk minta persetujuan orang tua. Ridhonya Allah terletak pada ridho orang tua :') Kalo orang tua udah ngizinin kamu milih kuliah di suatu jurusan dan universitas, insyaallah jalannya akan dipermudah :')

Ini ada beberapa quote favorit aku yang berhubungan dengan tulisan yang aku posting kali ini :)

♥ "Do the best and let God do the rest!"
 "Mintalah doa sebanyak mungkin karena kau tidak tau dari mulut mana doa itu akan dikabulkan"



Gak terasa ya, ternyata tulisannya udah sepanjang ini aja :')) Makasih buat yang udah mau baca heueheuehe :) Goodnight, people! Lots of Love, D. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

Verfasser mengatakan...

hai kak..
besok giliran aku pengumuman sbmptn. mohon doanya ya ;)

andasaridessy mengatakan...

Hai juga adek :) Maaf ya kakak baru liat commentnya hihi. Jadi gimana hasil SBMPTN-nya? :)

Unknown mengatakan...

Ka, aku gak sengaja buka dan baca2 pas searching "degdegan nunggu hasil snmptn". Dua hari lagi ka hasilnya akan ketahuan, dan perasaanku sekarang sangat campur aduk. Takut, gelisah, dan gampang menangis. Aku harus gimana ya kak? Mohon doanya juga ya ka:)))

andasaridessy mengatakan...

lagi lagi baru baca waktu udah pengumuman:")) maap ya dek baru baca huhu sarannya sih banyak doa aja dek, minta ditenangin hatinya sama Allah hehe jadi gimana hasilnya? :)

Unknown mengatakan...

Kak boleh minta ignya nggak. Aku pengen kali kak masuk usu. Dan ku jugak milihnya farmasi usu yang di undangan. Naaah besok pengumumannya kak. Sumpah, degdegan kak. Kalo galulus yaudahlah semoga ini yang terbaik yg diberikan oleh Allah. Inspiratif sekali kakakkkk

andasaridessy mengatakan...

yaampun maapin telat banget baru baca:")) just in case mampir ke sini lagi, ig aku andasaridessy ya hihi <3

Unknown mengatakan...

Kak, apakah nilai hrs selalu naik dr semester 1-5 dan hrs tinggi (90 ke atas ) untuk dpat keterima snmptn ?

Posting Komentar